Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

HALAL BI HALAL SMAN 1 KERSANA

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Halal bi halal merupakan suatu tradisi yang dilaksanakan pasca bulan Ramadhan atau setelah hari raya idul fitri (bulan syawal) oleh masyarakat muslim di Indonesia. Tradisi ini dilaksanakan dengan tujuan menjalin silaturahim dan mempererat hubungan antar keluarga, saudara/kerabat, rekan kerja, teman maupun masyarakat. Begitupun halnya dengan SMAN 1 Kersana juga turut menghidupkan tradisi tersebut. Halal bi halal SMAN 1 Kersana dilaksanakan pada hari Senin, 9 Mei 2022 dihadiri oleh bapak/ibu guru SMAN 1 Kersana beserta keluarga, OSIS dan perwakilan ektrakurikuler. Acara ini berlangsung di ruang pertemuan SMAN 1 Kersana.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si (Kepala SMAN 1 Kersana). Kemudian tausiyah disampaikan oleh Syekh Ali bin Ahmad Basalamah seorang pendakwah kondang asal Jatibarang, Brebes. Dengan gamblang beliau menjelaskan perjuangan manusia memperoleh bekal akhirat salah satunya yakni menjaga silaturahim. “jalan ke surga itu berat dan terjal sekali sementara jalan ke neraka itu sangat mudah” ucapnya memberi nasehat kepada hadirin. Selanjutnya, kegiatan halal bi halal diakhiri dengan momen keakraban seperti saling memohon maaf dan makan bersama.

Tradisi halal bi halal hanya ditemukan di Indonesia dan menjadi ciri khas masyarakat muslim Indonesia. Tradisi lokal ini mengandung nilai moral dan keislaman seperti mengajarkan rendah hati untuk saling memaafkan atas kekhilafan. Seruan untuk menjadi insan yang murah hati jelas tertulis dalam Al-Quran “Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang bodoh” (QS Al-A’raf:199), membangun dan memperkuat hubungan antar individu dan masyarakat sehingga tercipta integrasi, dan sebagainya. Tradisi yang sarat akan nilai-nilai luhur ini sudah seharusnya dibudayakan tanpa harus menunggu momen hari raya idul fitri. Setiap ingat akan kesalahan maka segerakan untuk meminta maaf dan menjaga silatuarahim selama ada kesempatan. Taqobballahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Minal Aidzin wal fa idzin.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Safa
Kamis, 12 Mei 2022

Minal Aidzin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin

Balas

Beri Komentar