Info Sekolah
Sabtu, 20 Apr 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN DAN PELANTIKAN PMR WIRA SMA NEGERI 1 KERSANA

Sekolah merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya anak melalui pendidikan. Menurut filosofi Ki Hadjar Dewantara menjelaskan bahwa pendidikan merupakan tempat persemaian benih-benih kebudayaan. Pendidikan adalah upaya pemenuhan dari semua tuntutan bagi kodrat alam dan kodrat perkembangan zaman yang ada pada diri anak-anak sejak mereka lahir agar mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sebagai manusia seutuhnya dan menjadi bagian masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Salah satu pendidikan yang dimaksud yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan dasar ini diaplikasikan pada kegiatan pelantikan PMR Wira SMAN 1 Kersana, yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus PMR baru. Melalui kegiatan latihan dasar kepemimpinan diharapakan siswa-siswi SMA Negeri 1 Kersana, khususnya anggota PMR dapat memiliki karakter kepemimpinan yang berkhlak mulia, tanggung jawab, mandiri, dan adil dalam memutuskan suatu masalah.

Kegiatan LDK dan pelantikan ini dilaksanakan sabtu dan minggu/20-21 November 2021 yang bertempat di lingkungan SMAN 1 Kersana. Pelantikan diadakan setiap akan serah terima jabatan dari pengurus lama ke pengurus baru. Kegiatan ini diikuti oleh calon pengurus PMR baru yg akan dilantik sejumlah 28 siswa yang terdiri dari siswa-siswi kelas X dan kelas XI dan 10 siswa kelas XII sebagai pengurus PMR lama. Selama 2 hari satu malam banyak kagiatan yang dilakukan, seperti bintal (bimbingan mental, games, mubes, dan pemberian materi. Materi disampaikan oleh tim KSR (korp suka relawan) Kabupaten Brebes. Sebelum penyampaian materi dari KSR kegiatan awal yang dilakukan yaitu musyawarah besar (mubes) yang membahas tentang evaluasi program kerja yang disampaikan oleh pengurus lama kepada pengurus baru agar kegiatan organisasi PMR lebih baik dan lebih maju lagi. Kegiatan mubes ini bertujuan melatih siswa-siswi kelas XII untuk bertanggung jawab dalam melaporkan kegiatannya kepada pengurus baru agar pengurus baru bisa mengetahui kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan oleh pengurus lama. Dalam kegiatan mubes ini banyak siswa-siswi dari kelas X dan kelas XI yang aktif bertanya dan menanggapi program kerja yang sedang dipaparkan oleh pengurus lama, mereka sangat antusias menanyakan program kerja yang telah dilaksanakan oleh kakak kelasnya sehingga kegiatan mubes ini berjalan dengan aktif dan lancar serta mampu meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam memutuskan suatu masalah. Setelah kegiatan mubes selesai dilanjutkan dengan kegiatan materi yang disampaikan oleh tim KSR dengan tema pertolongan pertama pada kecelakaan yang disampaikan oleh mas Toni Gunawan dan team. Pada kegiatan ini siswa-siswi sangat senang dan antusias karena selain siswa menadapatkan ilmu tentang pertolongan pertama siswa juga melakukan kegiatan praktik tentang bagaiman cara menangani korban kecelakaan dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur menangani orang kecelakaan.

Setelah kegiatan ini diharapkan seluruh anggota PMR wira SMAN 1 Kersana dapat menjadi calon seorang pemimpin yang mempunyai karakter berakhlak mulia, tanggung jawab, mandiri, dan adil serta siap untuk menolong sesama manusia.