Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PELANTIKAN PMR WIRA SMAN 1 KERSANA MASA BHAKTI 2022/2023

Palang Merah Remaja (disingkat PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR. Terdapat di PMI kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, dengan anggota lebih dari 5 juta orang, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI. Pada hari Jum’at 4 November 2022, telah diadakan pelantikan PMR WIRA SMAKERS masa bhakti 2022/2023, anggota dari ekstrakurikuler PMR yang mengikuti pelantikan totalnya secara keseluruhan berjumlah 47, yang terdiri dari : 10 anggota kelas 10, 23 anggota kelas 11 dan 15 anggota kelas 12. Tujuan diadakannya pelantikan, yaitu untuk memupuk rasa tanggung jawab dan kedisiplinan anggota PMR, menumbuhkan rasa kemanusiaan antar sesame, mempererat rasa persaudaraan dan kesatuan anggota PMR, melatih mental anggota.

Kegiatan yang dilakukan selama pelantikan, yaitu upacara pembukaan dengan pembina yang bertujuan untuk menyerahkan slayer dan rompi bagi peserta pelantikan. Selanjutnya diadakan makan bersama yang sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa keakraban antar anggota PMR. Materi pelantikan diberikan oleh kakak-kakak hebat dari KSR yang memberikan materi mengenai dasar-dasar pertolongan pertama, anatomi dan Fisiologi yang dapat bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan bagi para peserta pelantikan. Acara pelantikan ini juga dibantu oleh mahasiswa dengan penambahan materi yang terkait dunia pendidikan. Pentas seni juga masuk dalam salah satu daftar acara dalam pelantikan. Manfaat diadakannya pentas seni yakni, melatih para peserta untuk berkreativitas dan menyalurkan bakat dan meningkatkan kemampuan berkarya dan melatih mental keberanian tampil di depan publik sebagai sarana hiburan. Kegiatan selanjutnya yaitu Musyawarah bersama dengan pembina yang bertujuan untuk berdiskusi mengenai perencanaan program kerja PMR WIRA SMAN 1 KERSANA masa bhakti 2022/2023. Latihan mental diperlukan dalam kegiatan untuk menyiapkan seseorang dalam jenjang langkah baru dan menyesuaikan diri terhadap tuntutan kehidupan dan tekanan sekitar. Upacara penutupan sekaligus serah terima jabatan dengan pembina dilakukan disiang menjelang sore dengan tujuan menyerahkan tanggung jawab dan wewenang dari penjabat lama kepada penjabat baru.

Bapak Triyono, S.Pd selaku Pembina PMR WIRA SMAN 1 KERSANA menyampaikan pembinaan dalam kegiatan upacara penutupan. Beliau berkata bahwa dalam berorganisasi harus bisa mengatur belajar baik di rumah maupun di sekolah. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler merpuakan hal yang positif dan dapat memberikan pengalaman secara langsung bagaimana mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Dalam suatu organisasi kegiatan reorganisasi, pelantikan dan penerimaan anggota baru merupakan hal yang wajar dan rutin yang dilaksanakan selama satu tahun kepengurusan yang ada di ekstrakulikuler PMR WIRA SMAN 1 KERSANA. Kegiatan ini berjalan secara tertib. Tujuan diadakan kegiatan ini diharapkan akan dapat memunculkan pemimpin baru yang mempunyai ide dan gagasan yang baru untuk memajukan ekstrakulikuler pmr menjadi lebih baik lagi. Selain itu, melatih mental para anggota pmr, menambah wawasan, dan melatih sikap dan karakter dari semua anggota pmr.

Saya mengucapkan selamat purna tugas untuk kelas XII, masa bakti kalian di PMR memang sudah selesai tetapi masa penyaluran ilmu yang kalian dapatkan akan terus berjalan sampai kapanpun, tetap menjalin silaturahim dan rasa kekeluargaan kepada adik-adik anggota pmr tingkat kalian. Selamat fokus ujian untuk menatap masa depan yang sudah kalian cita-citakan.

Selanjutnya, saya ucapkan selamat atas terpilihnya Rangga dan Suci sebagai ketua dan wakil ketua PMR WIRA SMAN 1 KERSANA dan selamat menjalankan tugas untuk kelas XI sebagai pengurus baru di PMR WIRA SMAKERS. Semoga kalian bisa menjalankan amanah tugas dengan baik, mencetuskan program program baru yang akan membuat PMR menjadi semakin maju dan semakin berprestasi bukan hanya menolong orang pingsan, kesurupan, dan memberikan obat bagi yang sakit tetapi mampu menorehkan prestasi terkait kePMR’an untuk sekolah.

Terakhir untuk kelas X selamat bergabung dan selamat menjadi anggota keluarga baru PMR WIRA SMAKERS semoga kalian bisa betah dan mau belajar tentang hal-hal baru untuk PMR SMAKERS dalam meraih prestasi. Aamiin…

Terima kasih semuanya

SIAMO, SIAMO, SIAMO