Info Sekolah
Sabtu, 20 Apr 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

EKSPERIMEN “TELUR APUNG” KIR SMAN 1 KERSANA

Telur termasuk dalam sembilan bahan pokok (sembako) dan makanan 4 sehat 5 sempurna. Telur menjadi asupan protein untuk tubuh. Dalam eksperimen ini, telur sebagai media untuk membuktikan hukum Archimedes.

ALAT
1. Gelas takaran 2 buah
2. Alat Pengaduk
3. Telur 2 buah
4. Air secukupnya
5. Garam secukupnya

BAHAN-BAHAN
1. Tuangkan air ke gelas hingga setengah penuh
2. Tambahkan garam sebanyak mungkin.
3. Aduk hingga larut
4. Perlahan-lahan dan hati-hati, tambahkan air. hingga penuh.
5. Komposisi air dalam gelas saat ini ialah: 1/2
gelas atas air biasa, 1/2 gelas bagian bawah air berkadar tinggi.
6. Masukkan telur perlahan.

LANGKAH-LANGKAH
Taruh masing-masing telur ke dalam gelas yang berisi air putih dan gelas yang berisi air garam. Akan terlihat pada gelas yang berisi garam, telur akan mengambang.

HASIL PERCOBAAN
Sebuah benda yang dicelupkan ke dalam zat cair akan terapung jika berat benda (W) lebih kecil dari gaya ke atas (FA).
Pada saat air diberi 4-5 sendok garam dan diaduk secara perlahan-lahan maka telur itu akan terapung karena massa jenis air lebih besar daripada massa jenis telur. Hal ini terjadi karena semakin banyak garam yang diberikan maka semakin besar pula massa jenis zat cairnya atau air. Sedangkan pada yang ditambah gula pasir telur terapung setelah ditambah 5 sendok.

KESIMPULAN
Telur akan melayang atau bahkan terapung apabilah di masukkan kedalam air yang telah dilarutkan dengan gula atau garam. Hal ini dikarnakan massa jenis air yang sebelumnya lebih kecil dari pada massa jenis telur,dan massa jenis telur akan bertambah apabilah dicampurkan dengan garam (massa jenis garam lebih besar dari pada massa jenis air) yang membuat massa jenis zat cair akan lebih besar dari massa jenis telur sehingga menyebabkan telur menjadi terapung.

Percobaan ini sesuai dengan hukum archimedes yang mengatakan bahwa”apabilah suatu benda sebagian ataupun seluruhnya terbenam ke dalam air,maka benda tersebut akan mengalami gaya tekan yang mengarah ke atas yang besarnya sama dengan berat air yang dipindahkan oleh bagian benda yang terbenam tersebut.

Dari percobaan tersebut juga diperoleh perbandingan antara massa jenis garam lebih besar dari pada massa jenis gula. Garam dapat menyebabkan telur mengapung dengan 4 sendok makan dilarutkan ke dalam air, sedangkan gula 5 sendok makan baru dapat menyebabkan telur menjadi terapung.