Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

Rohis SMAN 1 Kersana Delegasikan Peserta Dalam Kegiatan Kemah Rohis Virtual Se-Jawa Tengah.

Kemah Rohis merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW AGPAII) Provinsi Jawa Tengah dengan melibatkan beberapa perwakilan dari Pengurus Rohani Islam (Rohis) sebagai peserta pada jenjang SMA dan SMK dari berbagai Kabupaten maupun Kota di Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan Kemah Rohis tahun ini terpaksa harus dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting dan hanya diwakili oleh satu atau beberapa pengurus Rohis saja karena mengingat kita masih berada dalam situasi Pandemi Covid-19.
Begitupun dengan Rohis SMAN 1 Kersana hanya mendelegasikan satu peserta atas nama Husnul Muthia Rahman (XI MIPA 1) untuk menjadi salah satu perwakilan dari 23 SMA dan SMK di Kabupaten Brebes yang juga ikut serta dalam kegiatan Kemah Rohis Virtual III Jenjang SMA dan SMK Se-Jawa Tengah. Tentu ini merupakan suatu kesempatan yang baik dan pengalaman baru bagi siswa karena bisa mengikuti kegiatan Kemah Rohis tingkat Provinsi serta bisa mengenal antar sesama pengurus Rohis Se-Provinsi Jawa Tengah.

Tema yang diusung dalam Kegiatan Kemah Rohis Vitual III kali ini yaitu Milenial, Literal, dan Moderat. Dengan tema ini diharapakan para peserta Kemah Rohis Virtual III dapat menjadi generasi milenial yang mampu menyeimbangkan perkembangan digitalisasi dengan pendidikan yang berkarakter dan berkualitas yang tidak bertentangan dengan kaidah Islamiyah.

Kegiatan ini dilaksanakan dari hari Selasa sampai dengan Kamis, 21-23 Desember 2021 yang didalamnya memuat beberapa kegiatan diantaranya yaitu Upacara Pembukaan oleh panitia, pemberian materi-materi oleh beberapa tokoh ternama diantaranya Bapak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Bapak Abdul Muqsith Ghazali (MUI Pusat), Rumah Moderasi UIN Walisongo Semarang, Badan Kesbangpol, Bapak Dr. H. Hendrar Prihadi (Walikota Semarang) dan Bapak Wahid Foundation. Kemudian setelah pemberian materi dilanjut dengan pemberian tugas dari setiap materi sekaligus tugas tersebut dipresentasikan oleh masing-masing peserta, ada juga ajang kreativitas antar peserta, dan diakhiri dengan Upacara Penutupan serta pengumuman pemenang kuis yang disampaikan oleh Kakanwil Kementerian Agama.

Pada dasarnya pelaksanaan Kemah Rohis ini bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan dengan aspek religius untuk mensyiarkan agama serta menambah pengetahuan tentang keislaman dan ketaqwaan di era milenial untuk menyongsong pendidikan yang berkarakter bagi para pelajar.