Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA PENGURUS EKSTRA KARYA ILMIAH REMAJA (KIR) SMAN 1 KERSANA PERIODE 2021/2022

KIR SMAN 1 Kersana telah melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua periode 2021/2022. Pemilihan ini ditujukkan untuk peremajaan dan penyegaran kepengurusan dalam ekstra Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Kersana.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Oktober 2021 dengan memenuhi prosedur kesehatan ketat. Para siswa diwajibkan memakai masker dan sebelum masuk ke ruangan diharuskan mencuci tangan serta cek suhu badan.

Pemilihan ini diikuti oleh dua calon kandidat, yaitu Kartika Farasasti (XI MIPA 3) dan Krisnawati (XI MIPA). Kartika Farasasti membawa Visi “Menjadikan organisasi KIR SMAKERS yang penuh wawasan, beratitude, dan profesional. Sedangkan Krisnawati selaku penantangnya membawa Visi “Menjadikan anggota KIR lebih aktif kedepannya dengan program yang menarik,  kreatif, dan inovatif.

Pemilihan dilakukan secara langsung dengan azaz langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil yang diperuntukkan untuk internal Karya Ilmiah Remaja (KIR). Terdaftar 35 orang yang berhak menyalurkan hak suaranya secara langsung dan hanya 32 orang yang menggunakan hak suaranya. Berikut perolehan penghitungan suara secara langsung pemilihan Ketua KIR periode 2021/2022:

  1. Kartika Farasasti mendapat perolehan 19 suara
  2. Krisnawasti mendapat perolehan 13 suara

Dengan perolehan tersebut, maka Kartika Farasasti berhak menjadi Ketua KIR periode 2021/2022 dan didampingi oleh Krisnawati sebagai Wakil Ketua. “Dengan mengadopsi sistem pemilihan langsung secara mikro, diharapkan siswa memahami betul sistem pemilihan dan tata caranya sekaligus pembelajaran berorganisasi secara sehat, terang Ivan Juanda (pembina KIR SMAN 1 Kersana).

Kegiatan pemilihan ini dimulai dari pemaparan visi dan misi oleh masing-masing kandidat, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab secara acak sesuai dengan tema yang telah ditentukan dan dapatkan dalam gulungan kertas. Kemudian masing-masing kandidat juga menjawab pertanyaan dari masing-masing perwakilan jenjang (X, XI, dan XII) serta pembina. Diakhiri dengan masing-masing kandidat saling melemparkan pertanyaan sebelum nantinya dilaksanakan pemilihan secara langsung.