Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PERKEMAHAN PELANTIKAN PENEGAK BANTARA DAN DEWAN AMBALAN SMAN I KERSANA

Dewan Ambalan Bung Tomo dan Dewi Sartika, Gugus Depan 13.101-102 SMAN I Kersana Kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaaan karakter yang dibingkai dalam pembinaan kepramukaan, bentuk kegiatannya, yaitu Perkemahan Pelantiakan Penegak Bantara. Sebagai salah satu program kerja dari Dewan Ambalan Penegak SMAN I Kersana. Perkemahan ini sudah dilaksanakan hampir setiap tahun setelah beberapa tahun berhenti karena pandemi, alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan kembali.

Perkemahan Pelantikan Penegak Bantara telah dilaksanakan pada tanggal 3-4 Oktober 2022 yang berlokasi di Bumi Perkemahan Trijaya, desa Kertajati kabupaten Kuningan berjalan dengan sukses. Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring para kader terbaik dari seluruh siswa SMAN I Kersana, serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan Ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat Penegak Bantara.

Untuk mengikuti perkemahan ini, para peserta harus sudah menyelesaikan syarat-syarat kecakapan umum (SKU) Bantara yang terdiri dari 5 unsur pengembangan, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik.

Adapun serangkaian kegiatan perkemahan pelantikan penegak Bantara, yaitu safari malam, exploring alam, dan keakraban antar peserta sebagai bentukan untuk kekompakan organisasi pramuka gudep SMAN I Kersana diwaktu yang akan datang. Untuk mengajarkan kemandirian, para peserta juga dilatih memasak dan mengatur AD/ART sendiri. Hal ini sebagai bentuk dari Pendidikan kepanduan tingkat penegak.

Dengan selesainya perkemahan ini, organisasi kepramukaan SMAN I Kersana sudah siap untuk mereorganisasi kepengurusan  Dewan Ambalan Gudep 13.101-102 SMAN I kersana. Harapan besar dari para pembina adalah kegiatan ini bisa menjadi ajang pembentukan karakter para pemimpin masa depan.