Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PENGABDIAN MASYARAKAT PMR WIRA SMAN 1 KERSANA BERSAMA MAHASISWA UNNNES

Pada hari selasa 05 November 2022, PMR wira SMA N 1 Kersana berkolaborasi dengan mahasiswa dari UNNES telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Limbangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah kasus stanting mulai dari dini melalui kegiatan posyandu. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Biasanya posyandu diadakan setiap satu bulan sekali pada setiap desa. Desa Limbangan merupakan salah satu desa diKecamatan Kersana yang menjadi tempat terpilih untuk kegiatan pengabdian bagi mahasiswa PKL dari UNNES dan Siswa-siswi anggota PMR WIRA SMAN 1 KERSANA. Masyarakat yang tinggal di Desa Limbangan setiap satu bulan sekali mengikuti kegiatan Posyandu di tiap RT masing-masing. Posyandu diperuntukkan untuk mengatur dan memantau pertumbuhan serta perkembangan balita dan Ibu hamil. Tujuan utama posyandu yaitu mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan atau pemberdayaan masyarakat dan mengurangi kasus stanting pada anak. Stanting artinya masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Posyandu memiliki peran yang sangat penting, yaitu memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak stanting, serta memantau tumbuh kembang anak. Sebagai panitia yang membantu petugas kader Posyandu Desa Limbangan anggota dari ekstrakurikuler PMR didampingi oleh Mahasiswa PKL dari UNNES untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tinggal di Desa Limbangan. Kegiatan yang dilakukan dalam Posyandu di desa Limbangan, yaitu :

  • Pendaftaran
  • Penimbangan Berat Badan
  • Pengukuran Tinggi Badan
  • Pencatatan data Kesehatan
  • Memberikan edukasi tentang stanting untuk ibu-ibu

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Limbangan ini sangat berkesan bagi para anggota PMR yang ikut dalam pengabdian tersebut, karena selain menambah wawasan mereka dapat praktik langsung teori yang sudah dipelajari kepada masyarakat yang ikut dalam kegiatan Posyandu. Serta memberikan aksi nyata buat para anggota pmr dalam menangani masalah kesehatan di sekolah serta di kecamatan kersana kususnya di Desa Limbangan Kersana.