Info Sekolah
Minggu, 07 Agu 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

UPACARA BENDERA SMAN 1 KERSANA PERINGATI HARKITNAS 2022

Diterbitkan : - Kategori : Hari Nasional

SMAN 1 Kersana menyelenggarakan upacara bendera untuk memperingati “Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)” pada Jumat, 20 Mei 2022 di halaman SMAN 1 Kersana dengan khidmat. Mengapa tanggal 20 Mei dipilih sebagai hari kebangkitan nasional ? Mari kita melihat 114 tahun kebelakang dalam perjalanan bangsa Indonesia. Tepat pada 20 Mei 1908 lahirlah sebuah organisasi modern dengan menjunjung ide nasionalisme yaitu Budi Utomo. Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si dalam amanatnya menyampaikan bahwa dengan berdirinya Budi Utomo memicu lahirnya organisasi modern lainnya. Organisasi modern ini merupakan alat perjuangan baru bangsa Indonesia atas penjajahan bangsa asing. Faktanya banyak tokoh yang tergabung dalam organisasi pergerakan tersebut yang diasingkan dan/atau dipenjarakan karena aksi mereka membuat ketar-ketir dan kekhawatiran pemerintah kolonial.

Harkitnas ini seharusnya kita maknai tidak hanya sebatas seremonial saja tapi juga dari sudut historis. Jika dilihat dari kacamata sejarah, kebangkitan nasional juga terjadi pasca kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu, Indonesia dihadapkan pada dua tantangan yakni acaman dari dalam negeri (perpecahan antar golongan dan ideologi) dan dari luar (Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia). Dengan menggeloranya semangat nasionalisme ini, bangsa Indonesia mampu menangani tantangan tersebut.

Spirit persatuan Budi Utomo masih relevan dengan kondisi Indonesia saat ini. Harkitnas kali ini mengusung tema “Ayo bangkit bersama”. Mari kita maknai harkitnas ini sebagai tonggak kebangkitan bangsa Indonesia dari krisis pandemi covid-19.

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Bukhroji
Sabtu, 21 Mei 2022

Dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, seluruh bangsa Indonesia harus bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19. Kita songsong masa depan yang lebih baik.

Balas
    Siti Nurjanah S.Pd.
    Sabtu, 21 Mei 2022

    ayo bangkit bersama

    Balas
MURSINI, S.Pd
Sabtu, 21 Mei 2022

114 tahun yang lalu bukan waktu yang singkat , kita jadikan pengalaman, pembelajaran untuk kita semua , demi kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai.

Balas
    Siti Nurjanah S.Pd.
    Sabtu, 21 Mei 2022

    betul bu dan leluhur kita sudah merasakan pahit getirnya penjajahan. sekarang kita mewarisi semangat mereka untuk menjaga tanah air tangan2 yg ingin merusak negara tercinta.

    Balas

Beri Komentar