Info Sekolah
Rabu, 24 Jul 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

POHON KARIER, MEDIA PENGENALAN KARIER SISWA

Diterbitkan :

Oleh : Sri Murniasih, S.Pd

Guru BK SMAN 1 Kersana

(Artikel ini pernah dimuat di Harian Radar tegal Tanggal 5 April 2021)

 

Siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan karier yang tepat, dan harus memahami bahwa karier merupakan suatu jalan hidup, sedangkan pendidikan sebagai persiapan yang wajib dilakukan. Kematangan karier peserta didik harus dipersiapkan sejak dini jika di SMA dimulai sejak kelas X. Meskipun masih dalam masa Pandemi Covid-19, setidaknya tidak menghalangi hak siswa untuk terus belajar dan mendapatkan bimbingan konseling dari sekolah.

Memilih dan merencanakan karier yang akan dipilih siswa tidak cukup hanya saran yang baik, sebab kurangnya informasi tentang karierpun menjadi faktor keterbatasan dalam perencanaan kariernya. Karier perlu direncanakan dengan baik sejak kelas X agar dalam pemilihan jurusan ketika diperguruan tinggi lebih yakin. Layanan bimbingan karier dapat dipandang sebagai suatu proses dalam rangka membantu siswa dalam hal merencanakan karier, membuat keputusan, mengembangkan keahlian, informasi karier, dan pemahaman diri. Memahami karier, siswa dapat mengetahui dan dapat menerapkan cara yang perlu ditempuh dalam memilih pekerjaan yang cocok, memperoleh pekerjaan yang telah dipilihnya, dan mendapatkan kemudahan-kemudahan untuk memperoleh bantuan modal dan lain-lain (Sukardi: 1989, hal. 19).

Winkel (2005:114), menjelaskan bahwa bimbingan karier adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan/profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapangan pekerjaan yang dimasuki. Dapat disimpulkan bahwa, bimbingan karier adalah suatu proses bantuan, layanan informasi, dan pendekatan terhadap pengambilan keputusan karier yang paling tepat/sesuai dengan keadaan dirinya disesuaikan dengan persyaratan-persyaratan karier atau studi lanjut yang akan dipilihnya/ditekuninya. Bimbingan karier juga dapat dipakai sebagai motivasi bagi siswa untuk memenuhi kebutuhan perkembangannya yang dapat diintegrasikan disetiap pengalaman belajar bidang studi.

Masih banyak siswa kelas XII yang belum memiliki pemahaman akan perencanaan karier mereka kedepannya, bahkan siswa belum memiliki gambaran tentang jurusan apa yang akan mereka ambil pada pilihan jurusan diperguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan mereka. Untuk itu perlu kiranya memulai mengenal karier sejak kelas X sehingga kelak mampu merencanakan kariernya sesuai bakat dan potensi yang dimilikinya. Kesulitan siswa dalam menentukan pilihan jurusan dan rencana kedepan perlu penanganan layanan bimbingan karier dari guru BK.

Layanan bimbingan karier dapat diberikan baik secara klasikal maupun kelompok dengan pilihan media yang menarik. Bimbingan karier pada siswa kelas X perlu dilakukan dengan berbagai metode yang efektif, agar ketika siswa kelas XII sudah memahami dan mampu menentukan pilihan kariernya atau pilihan jurusan pada perguruan tinggi. Media Bimbingan dan Konseling merupakan aspek penting dalam penyampaian informasi untuk siswa. Pemberian layanan bimbingan karier, pohon karier dapat digunakan sebagai salah satu media atau alat yang dapat digunakan untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karier. Siswa dapat memilih, menyiapkan diri, mencari, dan menyesuaikan diri terhadap karier yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya melalui media pohon karier. Siswa dapat menuliskan macam dan jenis karier yang sesuai dengan jurusan disekolah, tentu saja pemilihan karier ini selain disesuaikan dengan minat, bakat, serta kemampuan individu juga pertimbangan lain sehingga mampu mengembangkan diri di lingkungan masyarakat. Beberapa karier yang ditulis siswa kemudian disatukan dalam satu pohon. Dengan demikian siswa dapat mengenal berbagai jenis karier yang telah dituliskan pada pohon karier tersebut dan dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memilih karier sesuai jurusan yang sudah di ambil setelah lulus sekolah nanti.

Bagi guru BK sendiri banyak manfaat dari media pohon karier antara lain guru memberikan informasi mengenai perguruan tinggi atau studi lanjut yang didapatkan oleh siswa, guru dapat memberikan bantuan agar siswa tidak kesulitan di dalam memahami tentang dirinya sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga mencegah siswa salah dalam menentukan langkah-langkah dalam menemukan karier yang di kehendaki, guru akan membantu penempatan para siswa pada bidang atau jenis pendidikan, misalnya dalam hal penjurusan atau pelatihan dan pekerjaan sehingga dapat mengambil keputusan sendiri secara bijaksana, guru pembimbing membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Media pohon karier memberikan banyak manfaat dalam layanan bimbingan karier, hal ini sesuai dengan penelitian Adinda Juwita Rahman & Moesarofah yang berjudul “Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Pohon Karier Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPA 1 MA Darul Ulum Waru Sidoarjo” dengan hasil bahwa signifikasinya berada dibawah 0,05 ( 0,000 < 0,05). Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan informasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap perencanaan karier siswa.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar