Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

SMAN 1 KERSANA PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD ﷺ 1444 H

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan

Ada beragam cara umat Islam di Indonesia memperingati Maulid Nabi Muhammad ﷺ, masing-masing daerah memiliki tradisi yang menarik seperti Sekaten/Grebeg Maulid (Yogyakarta dan Solo), Tradisi Panjang Jimat (Cirebon), dan sebagainya. Begitupun dengan SMAN 1 Kersana juga turut memeriahkan Maulid Nabi Muhammad ﷺ dengan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 Kersana.

Secara substansi peringatan Maulid Nabi Muhammad ﷺ sebagai ekspresi kebahagian, kerinduan serta penghormatan terhadap Rasulullah sebagai sosok yang sarat akan suri tauladan. Juga sebagai bentuk syukur atas kelahiran Rasulullah, Sang Muhammad Nabiyyin. Tujuan yang tidak kalah pentingnya yaitu untuk meneladani akhlak beliau, menambah ilmu untuk mempertebal iman dan akidah.

 

Agenda Maulid Nabi Muhammad ﷺ di SMAN 1 Kersana dimotori oleh ekstrakurikuler Rohis. Rangkaian kegiatan maulid kali ini dimulai hari Kamis (6/10/2022) dimeriahkan dengan babak penyisihan lomba cerdas cermat keagamaan antar kelas. Selanjutnya acara puncak dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Oktober 2022 dengan berbagai kegiatan seperti khotmil qur’an,  pembacaan surat Yasin, asmaul husna dan sholawatan, makan bersama, tausiyah oleh Bapak H. Johan Muhari, S.Pd. Kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan pembacaan Al-Barzanji oleh grup Hadroh SMAN 1 Kersana. Acara puncak Maulid Nabi Muhammad ﷺ 1444 H diakhiri dengan grand final lomba cerdas cermat keagamaan yang menghadapkan 3 finalis yakni X-9, XI MIPA 3, dan XII MIPA 2. Berikut hasil final ketiga finalis tersebut :

Juara 1 : XI MIPA 3 (Skor 650)

Juara 2 : X-9 (Skor 630)

Juara 3 : XII MIPA 2 (Skor 600).

Pasca Khotmil Quran dan pembacaan Surat Yasin, diselingi dengan pemberian reward dari Bank Sampah SMAN 1 Kersana dengan kategori “Kelas Bersih dan Baik dalam Pengelolaan Sampah Daur Ulang. Reward tersebut diperoleh kelas X-6 dan XII MIPA 3. Selain itu juga ada pemberian doorprize bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari Ibu Hj. Iswati, S.Pd. selaku pembina ekskul Bank Sampah SMAN 1 Kersana. Peraih doorprize tersebut diantaranya yaitu Rianti Putri (XI MIPA 4), Bunga Dewi Fatimah (X-4), dan Zulfa Mustofa (XI MIPA 1).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar