Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

SMAN 1 KERSANA GELAR IHT SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA, OFFICE 365, CANVA DAN SISTEM INFORASI MANAJEMEN (SIM) SEKOLAH

Diterbitkan : - Kategori : IHT / Kurikulum

SMAN 1 Kersana telah menggelar IHT (In House Training) Sosialisasi Kurikulum Merdeka, Office 365, Canva dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah. IHT berlangsung selama dua hari, pada Rabu & Kamis, tanggal 20-21 April 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dewan guru SMAN 1 Kersana, guna memberikan pembekalan keterampilan dan pengenalan mendalam terkait kurikulum merdeka. Di IHT hari pertama waka kurikulum SMAN 1 Kersana menyampaikan bahwa di tahun pelajaran baru nanti SMAN 1 Kersana akan mulai mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan memilih jalur “Mandiri Berubah”. Beliau juga menyampaikan pentingnya kemampuan pembuatan media belajar digital yang harus dimiliki guru untuk mengembangkan digital skill.

Narasumber dalam IHT kali ini ialah Bapak Sulikin, S.Pd., M.Pd., Ibu Sri Ningsih, M.Pd., dan Bapak M. Faisal Abduh, S.Pd. Meskipun dalam kondisi bulan Ramadhan, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh Bapak Ibu guru. Kegiatan ini berlangsung di ruang Lab. Kimia SMAN 1 Kersana.

IHT hari pertama dengan narasumber Bapak M. Faisal Abduh, S.Pd. (Guru Matematika-SMAN 1 Kersana), menyampaikan materi yang berkaitan dengan keterampilan digital (digital skill) melalui Office 365 milik SMAN 1 Kersana yang dapat diakses melalui tautan https://edu.sman1kersana.sch.id/, pembuatan media pembelajaran dengan Canva, serta sosialisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) SMAN 1 Kersana yang insyaAllah akan mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023 serta dapat diakses melalui tautan https://sim.sman1kersana.sch.id/. Pembawaannya yang humoris saat memandu praktik langsung penggunaan aplikasi tersebut membuat peserta antusias.

Hari kedua IHT diawali dengan sambutan dari kepala SMAN 1 Kersana Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si., Beliau memperkenalkan 2 (dua) narasumber yaitu Bapak Sulikin, S.Pd., M.Pd (Plt. Kacabdin Provinsi Jawa Tengah Wilayah XI) dan Ibu Sri Ningsih, M.Pd. (Kepala SMAN 2 Tegal). Berikutnya materi yang diberi judul “BERSAHABAT (Bersama Bisa Hebat)” yang disampaikan Bapak Sulikin, S.Pd., M.Pd. sangat menginspirasi peserta IHT. Pemaparan beliau tentang happiness memberikan spirit untuk selalu semangat, bahagia dan positif thinking dalam menghadapi dinamika perubahan khususnya di dunia pendidikan. Salah satu pesan beliau yang harus kita ingat dan terapkan untuk kemajuan SMAN 1 Kersana adalah : “Bangun Budaya HEBAT; Saling mendukung, Saling Mengingatkan dan Saling Menguatkan”.

Materi terakhir disampaikan oleh Kepala SMAN 2 Tegal yang akrab dipanggil Bu Ning, memaparkan tentang “Kurikulum Merdeka” yang disampaikan dengan menarik dan komunikatif. Esensi dari kurikulum merdeka menurut beliau, menciptakan ruang bagi individu untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrah keunikannya masing-masing. Kurikulum Merdeka juga memberikan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdeferensiasi sesuai kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Hal-hal penting dalam Kurikulum Merdeka juga disampaikan oleh Bu Ning antara lain Project Based Learning untuk pengembangan softskill dan karakter profil pelajar Pancasila, serta pentingnya fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Di sesi akhir beliau menyampaikan tentang asesmen yang diterapkan pada kurikulum merdeka yaitu asesmen diagnostik (nonkognitif dan kognitif), asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen ini diharapkan dapat mewujudkan kegiatan pembelajaran yang bahagia sesuai dengan profil pelajar pancasila.
Dan di bagian akhir beliau menyampaikan materi terkait apa itu Capaian Pembelajaran (seperti KI KD dalam K-13), lalu CP dibedah oleh guru masing-masing menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (seperti Silabus dalam K-13), kemudian dari ATP dibedah lagi menjadi Modul Ajar (seperti RPP dalam K-13). Tidak lupa beliau memberikan contoh contoh implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah dilaksanakan di sekolah beliau yakni SMAN 2 Tegal melalui tautan https://sites.google.com/guru.sma.belajar.id/kurikulummerdeka-smada/beranda

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Bu Han
Jumat, 22 Apr 2022

Keep spirit sambut Kurikulum Merdeka..💪👍

Balas
Sava
Jumat, 22 Apr 2022

Semangattt

Balas
Bukhroji
Jumat, 22 Apr 2022

Dengan IHT, guru-guru SMAN 1 Kersana menjadi lebih tahu dan siap untuk menyongsong Kurikulum Merdeka.

Balas
NINGRUM
Sabtu, 23 Apr 2022

IHT yg sangat bermanfaat.. terima kasih sdh mendatangkan narasumber yg sangat bagus 👍🙏

Balas

Beri Komentar