Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

GELAR KARYA P5 “ GAYA HIDUP BERKELANJUTAN”

Diterbitkan : - Kategori : Kurikulum

SMAN 1 KERSANA adakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Gelar karya ini merupakan puncak penerapan Proyek Penguatan Profil Pancasila berlangsung pada Senin (29/04/2024) di lapangan SMA Negeri 1 Kersana.  Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak kepala sekolah beserta bapak/ibu guru yang dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik bahwa kegiaatan ini  merupakan implementasi dari kreativitas yang dikembangkan kemampuan sehingga menghasilkan berbagai karya yang menggungah selera dan ciri khas dari masing-masing stand dan performa kelas.

Pada proyek ini diambil tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan judul “Lingkunganku Nyaman”. Tujuan dari pelaksanaan P5 ini salah satunya adalah mewujudkan peserta didik dapat mempelajari dan meminimalkan dampak negarif terhadap  lingkungan untuk menganut pola hidup dari hal-hal ramah lingkungan alam, masyarakat dan ekonomi. Adapun proyek yang ditampilkan dalam  gelar karya ini peserta didik membuat  vertikultur( bercocok tanam).

Vertikultur merupakan Teknik budidaya tanaman menggunakan pola bertingkat. Penerapan ini bertujuan untuk menanggulangi isu social terhadap lingkungan supaya terbebas dari kontaminasi kotoran guna menjaga dan merawat lingkungan kita sendiri biar menjadi lingkungan yang sehat berseih dan nyaman. Selain itu memanfaatkan barang bekas yang dimanfaatkan sebagai wadah penanaman vertikultural.

Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok dalam saty kelas, kemudian kelompok masing-masing kelas memamerkan hasil projek P5 di masing-masing stand. Stand dibagi menjadi 2 yakni sntad kelas X atau fase E dan stand kelas XI atau  fase F. Mereka berkolaborasi dan turun langsung mendekor stand serta mempromosikan kaeranya.

Harapannya dengan gelar karya p5 dapat menumbuhkan karakteristik peserta didik seduai dengan profil pelajar Pancasila. Dengan pemanfaatan limbah botol plastic yang mana ini adalah masalah lingkungan yang sulit dipecahkan. Peserta didik dapat belajar untuk menjaga terkait lingkungan dan Kesehatan yaitu peduli dengan penghijauan dan peduli pengelolaan sampah plastik.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar