Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

BUDIDAYA LELE: USAHA MANDIRI EKSTRAKULIKULER KIR DAN ROHIS SMAN 1 KERSANA

Ekstrakulikuler SMAN 1 Kersana khususnya Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Rohani Islam terus bergeliat untuk aktif dan produktif di tengah pandemi Covid-19. Program kerja tetap dilaksanakan meskipun ada batasan dan harus menyesuaikan kondisi seperti saat ini.

Minggu, 16 Januari 2022 Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Rohani Islam (ROHIS) bersama-sama memanen hasil budidayanya berupa ikan Lele. Ikan Lele yang usianya lebih kurangnya 3 bulan 13 harian sudah sangat ideal untuk dikonsumsi dan berhasil dikumpulkan hingga mencapai 12 kg. Ikan Lele yang dibudidayakan dalam kolam menggunakan air yang berasal dari air wudhu. Konsep ini sengaja diterapkan untuk mengurangi keterbuangan air yang dipakai setelah berwudhu. “Dengan dimanfaatkannya air wudhu yang telah terbuang memberi nilai penghematan air dan kebermanfaatan untuk budidaya ikan Lele yang menanamkan kemandirian dalam berusaha. Budidaya ini juga bagian dari program Adiwiyata yang telah disusun untuk mewujudkan SMAN 1 Kersana yang hijau, bersih, dan rindang”, tutur Bu Iswati (Ketua Program Adiwiyata 2022).

Selama proses budidaya ikan Lele anak-anak diberi tanggungjawab untuk memberi makan secara rutin berdasarkan jadwal piket yang telah disepakati dan disusun bersama-sama. Selain itu juga, pembersihan kolam dilakukan secara berkala (1 bulan sekali) secara bersama-sama. “Dengan adanya budidaya ini, anak-anak lebih bertanggungjawab dengan tugasnya, menjalin kekompakkan dalam berorganisasi, serta menyatukan misi dalam menunaikan program kerja yang telah disusunnya”, tutur Ilman Nafi Nugraha R (Pembina ROHIS)

Budidaya ikan Lele akan terus berlanjut dan bertambah jumlahnya serta berusaha mencoba budidaya lainnya untuk kemandirian dalam berorganisasi.