Info Sekolah
Sabtu, 15 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

SMAN 1 KERSANA GELAR WORKSHOP PROJEK KE-3

Diterbitkan : - Kategori : Workshop

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan. SMAN 1 Kersana menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Tahun pertama implementasi Kurikulum Merdeka, kelas X melaksanakan 3 tema projek, 2 tema diselenggarakan pada semester gasal dan Projek ke-3 yang mengusung tema kewirausahaan dilaksanakan di semester 2 dengan memfokuskan pada “Digital Marketing”.

 

Pelaksanaan projek ke-3 diawali dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan pada Kamis, 2 Februari 2023 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas X (sepuluh) dengan didampingi oleh tim fasilitasi projek dan wali kelas X. Bertindak sebagai narasumer dalam workshop kali ini adalah Annisah Latifatun Hasanah, S.Pd., seorang wirausahawan muda asal Brebes dan Sugeng Priyanto, S. Sos., seorang yang punya keahlian dibidang IT dan fotografi khususnya pembutan foto produk. Acara diawali  dengan sambutan ketua Tim Projek P5, Eko Prayitno, M.Pd. dan workshop P5 dengan tema kewirausahaan secara resmi dibuka oleh Kepala SMAN 1 Kersana, Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si.

Materi “Konsep Kewirausahaan (UMKM dan Digital Marketing)” dan “Pembuatan Desain Kemasan Produk” dipaparkan dengan menarik oleh kedua narasumber. Menurut nara sumber pertama kemajuan teknologi wajib dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia, khususnya dalam kegiatan ekonomi. Digital marketing menjadi sebuah tuntutan, peluang dan sekaligus tantangan dalam dunia bisnis. “Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat” tegas Annisah. Ia juga menjelaskan berbagai jenis digital marketing yang dapat digunakan seperti website, SEO & SEM, Email Marketing, Video/Konten Marketing, Sosial Media Marketing, Affiliate Marketing, dan market place (shopee, tokopedia, blibi, dll), dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media tersebut. “Beberapa hal perlu diperhatikan dalam membuat media promosi diantaranya 1) kombinasi warna, 2) identitas brand; 3) foto produk, 3) judul/headline , 4) font dan layout; 5) Call to Action (CIA)” jelas Sugeng dan siswa terlihat antusias mengikuti workshop tersebut.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait