Info Sekolah
Kamis, 25 Jul 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

SMAN 1 KERSANA GELAR WORKSHOP PROJEK FILM

Diterbitkan : - Kategori : Kurikulum

 

Tahun ini, kali pertama SMAN 1 Kersana menerapkan kurikulum merdeka. Sebagai implementasi dari kurikulum merdeka, SMAN 1 Kersana menyelenggarakan workshop pembuatan film yang dimotori oleh tim koordinator projek. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan bapak/ibu guru fasilitator. Tujuan diselenggarakannya workshop tersebut antara lain untuk membekali peserta didik dalam mengerjakan projek film karena pengetahuan peserta didik masih awam mengenai perfilman atau video agar karya mereka bisa maksimal. Workshop tersebut berlangsung selama 2 hari (Senin-Selasa, 22-23 Agustus 2022) di laboratorium fisika dan kimia SMAN 1 Kersana. Narasumber yang dihadirkan pada workshop kali ini yaitu Rizal Wimba (kameramen film “Turah”) dan tim. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dan pemotongan pita oleh Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si. (Kepala SMAN 1 Kersana).

Materi yang disampaikan pada workshop hari pertama diantaranya yakni langkah-langkah menulis skenario film, teknik dasar sinematografi, peran sutradara, art/properti dan sebagainya. Sementara hari kedua praktik pembuatan film. Masing-masing kelompok mengumpulkan script/scenario yang telah disusun sebelumnya untuk diberi pengarahan oleh narasumber. Beberapa script diambil sebagai sample untuk diarahkan penyesuaian setting dengan adegan film.

Projek pertama yang dihasilkan peserta didik berupa film pendek atau iklan layanan masyarakat, dengan mengusung tema umum “Bhineka Tunggal Ika”. Tema umum tersebut dipecah menjadi beberapa sub tema seperti sumpah pemuda, keberagaman masyarakat, dan perundungan. Tema ini dipilih berdasarkan fenomena sosial yang terjadi di kalangan masyarakat khususnya pelajar. Adapun tujuan dari pembuatan projek ini adalah untuk penguatan karakter/profil pelajar pancasila. Harapannya, dengan pembuatan projek film ini dapat mengasah dan meningkatkan daya kreatifitas peserta didik serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Beri Komentar