Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

SMA NEGERI 1 KERSANA MELAKSANAKAN TES DIAGNOSTIK

Diterbitkan : - Kategori : Kurikulum

Rangkaian proses pemilihan paket mata pelajaran untuk kelas X di SMAN 1 Kersana sampai pada tahap pelaksanakan tes diagnostik setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi terhadap peserta didik kelas X dan orang tua/ wali. Tes diagonistik ini dilaksanakan secara online selama dua hari  pada tanggal 13 – 14 Maret 2023. Hasil dari tes ini nantinya akan diinterpetasikan dan disampaikan kepada peserta didik, orang tua dan pihak sekolah (wali kelas dan guru BK) sebagai dasar acuan dalam pemilihan kelompok mapel sehingga peserta didik tidak akan merasa ‘salah pilih’ karena hasil tes tersebut dapat digunakan untuk memetakan bakat, minat, kemampuan dan kepribadian peserta didik.

Pelaksanaan tes hari pertama dimulai pukul 07.30 WIB, berupa Tes Potensi Akademik yang meliputi tes verbal, tes numerik dan tes spasial, setelah itu dilanjutkan tes mapel Prakarya dan Seni, serta tes untuk menganalisis tipe belajar dan karakter siswa seperti Learning Style, Psychology test, Thinking Style dan terakhir Survei Karakter. Hari kedua pelaksanaan tes mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Informatika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi. Secara umum pelaksanaan tes diagnostic berjalan lancar, sedikit kendala teknis di hari pertama Alhamdulillah dapat diatasi dengan cepat oleh  Eduprime selaku pihak rekanan penyedia layanan assesmen pendidikan. Harapannya hasil tes tersebut benar – benar bisa membantu berbagai pihak khususnya peserta didik sehingga mereka tidak bingung  dan dapat memilih dengan tepat paket mapel di kelas XI sesuai bakat, minat dan kemampuan mereka. Tes diagnostic dilaksakan  dengan pendampingan oleh wali kelas X dan semua guru BK.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

MURSINI, S.Pd
Senin, 20 Mar 2023

Semoga dengan adanya test diagnostik , dapat memberikan gambaran , arah untuk masa depan siswa siswi . Agar mereka tidak salah dalam memilih jurusan yang sesuai dgn kemampuannya .

Balas

Beri Komentar