Info Sekolah
Sabtu, 15 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PESTA DEMOKRASI SMAN 1 KERSANA: PEMILIHAN KETUA OSIS PERIODE 2022/2023

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan

Pemilihan ketua OSIS (Pilketos) adalah wujud implementasi pembelajaran demokrasi di sekolah. Rabu, 24 Agustus 2022 SMAN 1 Kersana menyelenggarakan pesta demokrasi untuk  memilih pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023. Kegiatan ini seiring dengan berakhirnya kepengurusan OSIS periode 2021/2022.

Ada 3 kandidat paslon yang siap bersaing dalam pilketos kali ini. Masing-masing paslon merupakan kolaborasi kelas XI dan X. Inilah yang berbeda dengan periode sebelumnya dimana semua kandidat paslon diambil hanya dari kelas XI.  Berikut adalah kandidat paslon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023:

  1. Calon Ketua OSIS : Arseli Putri Firela (Kelas XI IPS 2)

Calon Wakil Ketua OSIS  : Satria Pratama (Kelas X-3)

  1. Calon Ketua OSIS : Citra Rara Mutia (Kelas XI MIPA 1)

Calon Wakil Ketua OSIS  : Nita Aulina (Kelas X-8)

  1. Calon Ketua OSIS : Aini Cahyaningtias (Kelas XI MIPA 5)

Calon Wakil Ketua OSIS  : Paksi Tresna Wijaya (Kelas X-3)

Sehari sebelum pemilihan, masing-masing paslon memperkenalkan diri dan menyampaikan visi dan misi melalui kampanye terbuka di lapangan SMAN 1 Kersana. Kampanye terbuka berlangsung seru dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa dan guru yang harus dijawab oleh paslon. Melalui kampanye terbuka itulah pemilih bisa menilai kompetensi manajerial yang dimiliki oleh masing-masing paslon untuk kemudian menentukan pilihan mereka.

Pencoblosan diawali oleh Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si. “Alhamdulilah, saya sudah menyalurkan hak suara” ungkap beliau dengan menunjukkan jari kelingkingya sebagai bukti telah memilih. Selanjutnya diikuti oleh Bapak/Ibu Guru, karyawan, serta peserta didik secara bergantian per kelasnya.

Penghituangan surat suara dilakukan di hari yang sama. Berdasarkan hasil penghitungan surat suara diperoleh 944 suara dengan rincian paslon no. 1 memperoleh 311 suara, paslon no 2 mendapat 348 suara, dan paslon no 3 memperoleh 235 suara, serta suara tidak sah ada 50.  Dengan demikian terpilihlah paslon no 2 Citra Rara Mutia (XI MIPA 1) dan Nita Aulina (X-8) sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 1 Kersana periode 2022/2023.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar