Info Sekolah
Sabtu, 20 Apr 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PERINGATI HARDIKNAS KE SMAN 1 KERSANA ADAKAN SEMINAR

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan

Kiprah Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan anak bangsa tidak diragukan lagi. Konsep pendidikan yang ia cetuskan yakni sistem among dijadikan sebagai pondasi pendidikan di Indonesia hingga saat ini. Dalam sistem among ini memuat nilai-nilai dasar seperti kodrat alam sebagai syarat kemajuan dengan secepat-cepatnya dan kemerdekaan sebagai syarat menghidupkan dan menggerakkan kekuatan lahir berdasarkan cinta dan kasih sayang yang bebas dari pamrih. Disamping itu, tanggal kelahirannya diabadikan sebagai “Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Peringatan hardiknas tahun 2023 di SMAN 1 Kersana diawali dengan upacara bendera, setelah itu dilanjutkan dengan “Seminar Hardiknas 2023”. Seminar ini diiukuti oleh siswa/i perwakilan dari masing-masing kelas. Kegiatan Seminar dibuka oleh Ibu Ratna Dewi Pujiastuti, S.Pd (Waka Kesiswaan) mewaliki kepala sekolah. Panelis dalam seminar tersebut yaitu Bapak Arif Rahman, S.Pd (Calon Guru Penggerak SMAN 1 Kersana) dengan mengangkat judul dari isu pendidikan yang sedang menghangat saat ini yakni “Memperkuat Karakter Diri untuk Persaingan Global”.

Dewasa ini, perkembangan dunia berjalan dengan cepat sehingga salah satu upaya agar bisa mengimbangi perkembangan ini yaitu dengan memperkuat karakter diri yang positif. Jika tidak maka akan terjerat dalam kemunduran intelektual ataupun karakter. Sekolah berperan sentral dalam proses pembentukan karakter peserta didik. Karakter yang relevan untuk menghadapi tantangan ini diantaranya termuat dalam “Profil Pelajar Pancasila” seperti beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Mandiri; Bernalar Kritis; Berkebinekaan Global, Gotong Royong; Kreatif.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar