Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

Penghargaan Kebersihan Kepada Peserta Didik SMAN 1 Kersana

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan

 

SMAN 1 Kersana merupakan salah satu sekolah adiwiyata di Brebes. Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang memiliki karater peduli dan cinta lingkungan. Untuk mendukung gelar tersebut peserta didik dibina untuk membiasakan menjaga kebersihan lingkungan kelasnya masing-masing serta memilah sampah yang dapat di daur ulang. Selasa, 2 Agustus 2022 beberapa kelas mendapatkan penghargaan/apresisasi dari sekolah karena telah mejaga kebersihan kelas dan sekitarnya selama beberapa pekan. Pada kesempatan ini, Bapak Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si memberikan penghargaan tersebut kepada perwakilan kelas. Adapun kategori dan peraih penghargaan tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Kelas yang selalu bersih dimenangkan oleh kelas XII MIPA 4
  2. Kelas yang progresnya cepat dan penuh tantangan diraih oleh kelas X 9
  3. Kelas yang bersemangat memanfaatkan sampah daur ulang diraih oleh kelas XII IPS 1

Dalam sambutannya, bapak kepala sekolah menyampaikan bahwa apresiasi tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi kelas lain untuk meningkatkan dan konsisten dalam menjaga kebersihan kelas agar proses pembelajaran menjadi nyaman. “Jangan melihat seberapa besar jumlah yang diterima tetapi nilailah ini sebagai apresiasi karena telah mensukseskan program sekolah” himbaunya. Disamping itu, juga terdapat punishment yang diberikan kepada siswa yang tidak menjaga kebersihan sebagai konsekuensi atas tanggung jawabnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebersihan dan sampah masih menjadi PR yang belum sepenuhnya teratasi. Untuk itu, sekolah membentuk program yang mendidik peserta didiknya untuk senantiasa menjada kebersihan dan kenyamanan lingkungan tempat belajarnya. Harapannya, mereka dapat mengaplikasikan kebiasaan tersebut di lingkungan rumah atau masyarakat bahkan sampai setelah mereka lulus.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar