Info Sekolah
Sabtu, 15 Jun 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

MOTIVASI PENTINGNYA STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI

Diterbitkan : - Kategori : Kurikulum

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi sudah dimulai sejak awal Januari 2022, yaitu dengan pengisian data siswa atau pembuatan akun ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seleksi masuk perguruan tinggi ini terdapat tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada 14-28 Februari 2022. Untuk Jalur SNMPTN SMAN 1 Kersana memperoleh kuota sebanyak 128 yang terdiri dari 72 siswa untuk peminatan MIPA dan 56 siswa untuk IPS.

Berdasarkan data dari BK minat siswa ke perguruan tinggi masih relatif rendah terutama untuk kelas XII IPS. Dari data sementara, siswa yang berminat ikut seleksi SNMPTN dari XII MIPA lebih dari 20 siswa dari masing-masing kelas,sedangkan dari IPS baru 13 siswa dari 56 kuota yang tersedia. Berangkat dari masalah inilah maka dilaksanakan kegiatan motivasi pentingnya studi lanjut ke perguruan tinggi. Kegiatan ini dihandle oleh Tim SNMPTN SMAN 1 Kersana yang diketuai oleh Eko Prayitno, M.Pd. selaku waka kurikulum. Peserta kegiatan tersebut adalah siswa-siswi kelas XII IPS dan MIPA yang jumlah peminat ke perguruan tinggi masih relative sedikit.

Berbagai hambatan rendahnya minat melanjutkan ke perguruan tinggi diantaranya adalah kondisi social ekonomi keluarga, kurangnya dukungan orang tua dan masih minimnya kesadaran akan pentingnya pendidikan. Harapannya melalui kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi dan membuka pikiran untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Pendidikan adalah salah satu jalan untuk memutus rantai kemiskinan” demikianlah closing statement dari ibu Nur Hanifah MF, S.E selaku waka kesiswaan sekaligus moderator dalam acara tersebut.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Nur Hanifah
Minggu, 16 Jan 2022

Semangat lanjut studi smakersdemia…

Balas

Beri Komentar