Info Sekolah
Kamis, 25 Jul 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

GELAR KARYA P5 dan CAMPUS EXPO 2023 SMAN 1 KERSANA

Diterbitkan : - Kategori : Kurikulum

Kesibukan smakersdemia sudah tampak dari selasa kemarin untuk mempersiapkan agenda Campus Expo dan Gelar Karya Projek P5. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 15 Februari 2023 dengan mengusung tema Be a good people, start jumping for the future. Kali ini pengenalan perguruan tinggi kepada siswa SMAN 1 Kersana dikemas dengan warna yang berbeda dari sebelumnya, yaitu Campus Expo. Agenda lain yang tidak kalah menarik yakni pameran karya projek kelas X siswa SMAN 1 Kersana. Kegiatan ini dimulai dengan iringan “kirab”, kemudian sambutan Bapak Eko Prayitno, M.Pd. (Ketua Tim Projek P5) dan pembukaan “Campus Expo & Gelar Karya” oleh Kepala SMAN 1 Kersana, Yuniarso Amirudin, S.Pd., M.Si. Dalam sambutannya, Kacabdin XI, Bapak Sulikin, M.Pd. turut mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Turut hadir juga tamu undangan dari berbagai sekolah di sekitar Kersana seperti SMAN 1 Larangan, SMKN 1 Kersana, SMAN 1 Banjarharjo, serta wali murid SMAN 1 Kersana. Setelah acara pembukaan Kepala SMAN 1 Kersana diikuti bapak/ibu guru lainnya serta tamu undangan berkeliling ke masing-masing stand perguruan tinggi dan stand kuliner.

Ada berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berpartisipasi dalam Campus Expo, diantaranya LP3I (Tegal), Universitas Bhamada (Slawi, Tegal), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Poltek Harapan Bersama (Tegal), Politeknik STIBISNIS (Tegal), Institut Teknologi dan Kesehatan Mahardika (Cirebon), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes, Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes, Universitas Terbuka, Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS), Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang, Stikes Kuningan, Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA). Perkumpulan mahasiswa asal Brebes yang tersebar di berbagai perguruan tinggi seperti KPMDB Korwil Semarang, Salatiga, Pekalongan, dan Purwokerto juga turut meramaikan agenda tersebut. Kegiatan  Campus Expo ini, masing-masing perguruan tinggi memaparkan berbagai program studi, keunggulan perguruan tinggi, serta menawarkan berbagai beasiswa yang bisa diperoleh.

Antusias peserta dalam agenda ini cukup baik, hal ini terlihat dalam setiap stand perguruan tinggi dipenuhi oleh siswa baik Smakersdemia maupun tamu undangan. Besar harapan, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memotivasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan membuka mata akan pentingnya pendidikan sebagai bekal menghadapi masa depan.

Seiring dengan kegiatan Campus Expo, agenda utama pada kegiatan ini yaitu “Gelar Karya Projek P5”. Berbagai hasil karya projek siswa kelas X turut dipamerkan seperti kerajinan tangan batok kelapa (Projek ke-2 yang bertema “Kearifan Lokal”), dan bazar kuliner sebagai puncak dari digital marketing (Projek ke-3 yang bertema “Kewirausahaan”). Pada projek ke-3, fokusnya pada pemasaran secara online atau digital marketing sehingga mereka tidak harus membuat produk sendiri, hanya mengemas produk sehingga bernilai estetik, menarik serta kekinian. Dengan demikian mereka bisa menghidupkan UMKM di lingkungan sekitarnya. Peserta kegiatan sangat antusias, stand masing-masing kelompok sudah dikerubungi konsumen sejak sebelum acara di mulai sehingga menjelang pertengahan hari produk mereka sudah ludes terjual.

Sementara itu, karya projek pertama yang berupa film pendek tidak ditayangkan secara keseluruhan. Dengan kata lain, projek pertama hanya dipamerkan dengan cara diberi penghargaan. Kategori dan pemenang penghargaan film pendek yaitu pemeran pria terbaik (Apriyanto/X-6), pemeran perempuan terbaik (Julia Nur Rizkiana/X-9), sutradara terbaik (Qori Qotul Nur Afifah/X-6), penulis naskah terbaik (Ghina Laila Hikmah/X-6) dan film pendek terbaik (X-6 film berjudul “Lingkar Pertemanan”). Untuk menambah kemeriahan kegiatan ini juga diselingi berbagai penampilan dari ektrakurikuler seperti Band Smakers dan pencak silat, serta doorprize.

Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai sponsor seperti Albi Tour, Gubuk Desa, Pertashop Cigedog, Nahdiana Kersana, Indomart Kersana, AB Chiken, Picto Photobox, Pempek Ceu Putri, Mas Agung Crew, Sabun Multi Beauty, Radio Gita Lestari, Ahass Honda Motor, UMKM Kersana yang mana diantaranya juga membuka stand dalam kegiatan tersebut.

Artikel ini memiliki

7 Komentar

Bukhroji
Jumat, 17 Feb 2023

Mudah-mudahan kegiatan Kampus Expo dan gelar karya P5 kemarin, bukan yang pertama dan terakhir. Kegiatan tersebut perlu dilanjutkan agar anak-anak termotivasi lagi untuk selalu berkarya. Anak-anak perlu dibekali ‘soft skill’ dan ‘hard skill’ demi masa depan mereka.

Balas
Nur Hanifah
Jumat, 17 Feb 2023

projek P5 memberikan pengalaman belajar yg luar biasa… mantap buat penguatan kompetensi & karakter,👍

Balas
Yuniarso Amirudin
Jumat, 17 Feb 2023

Selamat buat keluarga besar smakers khususnya panitia yang telah mempersiapkan dan menggelar acara Campus Expo dan P5. Idem dengan Pak Oji kegiatan ini perlu dilembagakan dan disifati “annualy” atau tahunan. Dua kegiatan yang complimentary (saling melengkapi) SMA Maju Bersama Hebat Semua

Balas
Jumat, 17 Feb 2023

Smakers luar biasa maju bersama hebat semua, semangat berkarya

Balas
MURSINI, S.Pd
Jumat, 17 Feb 2023

Luar biasa untuk Smaker , dengan adanya p5 dan campus expo kita semakin bisa membuka luas wawasan kita tentang bagaimana berwirausaha , ataupun untuk anak anak yg awalnya tidak berminat masuk ke perguruan tinggi , mereka sudah mulai tertarik dengan kehidupan dunia belajar kampus.

Balas
SAFAATUN
Jumat, 17 Feb 2023

Selamat dan sukses atas pagelaran karya P5 dan campus expo untuk SMA N I Kersana. Semoga kegiatan ini menjadikan siswa SMA N I Kersna semakin memiliki karakter yang unggul.

Balas
Aeni
Sabtu, 18 Feb 2023

Acaranya sngt luar biasa..
Slmat utk panitia yg sdh bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu utk acaranya..
Smga dg adanya gelar karya ini siswa2 smaker smakin bersemangat utk terus berkarya dan berprestasi menggali potensi yg dimiliki shgga stlh mereka lulus nanti mereka sdh memiliki skill dan knowledge utk bekalnya..

Balas

Beri Komentar