Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER GANJIL 2023

Diterbitkan : - Kategori : Kurikulum

Asesmen Sumatif Tengah Semester (STS) atau yang sebelumnya dikenal dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) telah dilaksanakan di SMAN 1 Kersana secara terjadwal selama 4 hari sejak tanggal 11 – 14 September 2023 secara daring dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office 365. Pelaksanaan PTS dan STS dilakukan di sekolah dan diawasi langsung oleh bapak/ibu Guru sebagai pengawas.

Pada Kurikulum Merdeka, Asesmen merupakan  proses evaluasi yang dilakukan untuk mengukur kemampuan dan keterampilan siswa secara efektif, objektif, dan akurat. Asesmen bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Selain itu, asesmen juga memberikan umpan balik kepada siswa dan guru mengenai kemajuan belajar siswa serta membantu dalam mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dalam pengajaran dan pembelajaran.

Manfaat dari STS adalah memudahkan guru dalam menentukan nilai atau grade setiap siswa agar dapat membandingkannya dengan siswa yang lain, sebagai umpan balik untuk guru sebagai informasi kemajuan belajar siswa sekaligus bahan laporan ke orang tua dan tenaga kependidikan lainnya. Sementara itu, manfaat asesmen sumatif bagi siswa adalah sebagai  umpan balik agar siswa dapat meningkatkan atau mempertahankan hasil belajarnya.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar