Info Sekolah
Jumat, 20 Mei 2022
  • Berakhlak Mulia, Unggu dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

JUARA II LKTI CAGAR BUDAYA KABUPATEN BREBES 2020

Wulan Sari Kahfi, SMA N 1 Kersana berhasil merebut juara II dalam “Grand Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya Kabupaten Brebes 2020”. Lomba tersebut berlangsung pada Selasa, 27 Oktober 2020 di Aula SMA N 1 Bumiayu. 10 Peserta terbaik yang telah lolos tahap penilaian naskah, berhak melaju ke grand final untuk memaparkan hasil tulisannya dihadapan para dewan juri.

Grand Final LKTI Cagar Budaya Kabupaten Brebes 2020 diikuti oleh beberapa sekolahan di antaranya, yaitu SMA N 1 Bumiayu (2 peserta), SMA N 1 Kersana, SMA N 1 Sirampog, SMA N 1 Jatibarang (2 peserta), SMA N 1 Paguyangan (2 peserta), dan SMA Islam Ta Allumul Huda Bumiayu. Pada tahapan ini, masing-masing peserta diberi kesempatan waktu 10 menit untuk memaparkan hasi karya tulis ilmiahnya dalam bentuk powerpoint (ppt) berdasarkan nomor urut yang telah diundi pada¬†technical meeting (Rabu, 14 Oktober 2020). Wulan Sari Kahfi mendapat nomor urut 9 untuk memaparkan hasil karya tulis ilmiahnya. Karya tulis ilmiahnya mengupas “Klenteng Hok Tek Bio Brebes Simbol Keberagaman dan Edukasi Untuk Generasi Milenial”. Pokok pembahasan dalam karya tulis ilmiah tersebut, menyoroti mengenai keberagaman yang terkandung dalam keberadaan Klenteng Hok Tek Bio Brebes berupa keberagaman Fisik (bangunan) dan non fisik (gunungan dan nilai sastra) serta nilai edukasi yang tercermin dari makanan tradisional, kesehatan, spirit, dan etos kerja. Dalam hal ini, Wulan Sari Kahfi memberikan pesan bahwa klenteng yang berlokasi di Desa Gamprit, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes (tepi sungai Pemali) tidak hanya sebagai bagunan tua renta yang berusia lebih dari 50 tahun dan tercatat sebagai cagar budaya, melainkan dengan keberadaannya mampu mensinergikan nilai-nilai keberagaman antara masyarakat Tionghoa dengan masyarakat setempat dengan puncaknya, yaitu gotong royong.

Wulan Sari Kahfi berhasil membuktikan bahwa terdapat potensi dari sekolah-sekolah bagian Barat yang tidak kalah dengan sekolah di Selatan dan Utara. Dalam lomba tersebut, Wulan Sari Kahfi menyelinap di tengah-tengah finalis dari SMA N 1 Bumiayu, berikut perolehan poin totalnya:

  1. Harmaidia Jasmine Callista (SMA N 1 Bumiayu) memperoleh poin 277.7
  2. Wulan Sari Kahfi (SMA N 1 Kersana) memperoleh poin 271.6
  3. M. Nur Aqil Bahri (SMA N 1 Bumiayu) memperoleh poin 268.3

Tercapainya prestasi ini, menjadi pelecut untuk anak-anak SMA N 1 Kersana untuk terus berprestasi mengharumkan keluarga dan sekolah.