Info Sekolah
Rabu, 24 Jul 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

METHODE KUIS PILIHAN YANG PALING MUDAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Diterbitkan :

Oleh : Rumyati, S.Pd

Guru PPKn SMAN 1 Kersana

(Artikel ini pernah dimuat di Harian Radar tegal Tanggal 11 Nopember 2020)

 

Dampak covid-19 sejak pertengahan bulan maret semua siswa SMAN 1 Kersana belajar secara online meskipun banyak dikeluhkan oleh semua pihak baik siswa, orang tua  dan guru karena menyangkut banyak hal masalah quota, siswa yang ketiduran hingga bangunnya kesiangan, siswa yang kurang respon dalam kegiatan belajar mengajar karena disinyalir ada beberapa siswa yang belum siap atau ketinggalan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Untuk menunjang suatu program dibutuhkan dukungan dari guru sebagai fasilitator dan siswa khususnya sebagai subyek dari tujuan pembelajaran, sehingga terciptalah suatu kelas yang dinamis. Permasalahan muncul karena kemauan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sangatlah tidak merata. Bahkan diprediksi hanya beberapa siswa saja yang mempunyai kemauan untuk belajar.

Kemauan belajar akan muncul jika terdapat dorongan dari kekuatan-kekuatan jiwa peserta didik. Bentuk dari kekuatan jiwa itu dapat berupa spirit sebagai kekuatan penggerak kehidupan pribadi manusia dan nafsu sebagai dalam diri manusia. Bentuk nyata dari spirit dan nafsu adalah daya saing. Iklim kelas dengan daya saing yang sehat perlu dihidupkan agar kemauan untuk belajar dapat optimal.

Aunurrahman (2003:36) mendefinisikan belajar sebagai interaksi individu dengan lingkungannya yang memungkinkan individu memperoleh pengalaman-pengalaman atau pengetahuan. Pengalaman atau pengetahuan tersebut bisa berupa yang baru maupun sesuatu yang pernah diperoleh atau ditemukan sebelumnya akan tetapi menimbulkan perhatian kembali bagi individu tersebut sehingga memungkinkan terjadinya interaksi.

Pengetahuan yang dimiliki seseorang berkaitan erat dengan pengalaman-pengalamannya. Pengalaman dalam hal ini mencakup pengalaman kognitif, mental, dan keterampilan yang dibentuk oleh struktur penerimaan konsep seseorang sewaktu berinteraksi dengan lingkungan. Interaksi lingkungan bagi siswa dalam pembentukan konsep pengalaman diantaranya melalui kegiatan pembelajaran.

Setiap guru mencari model pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran jarak jauh  karena guru tidak berineraksi secara langsung dengan siswa sehingga guru tidak mengetahui secara langsung kesiapan siswa untuk menerima ilmu yang akan disampaikan  sehingga  guru mencari cara yang mudah agar ilmu dapat dengan mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Mata pelajaran PPKn khususnya yang diampu oleh saya di SMAN 1 Kersana  lebih memilih methode quis karena lebih efektif  dan efisien karena siswa dihadapkan pada pilihan soal dengan jawaban yang sudah tersedia dan mudah pula untuk menilainya karena siswa secara langsung dapat mengetahui hasil akhirnya .

Methode pembelajaran sebagai salah satu penunjang hasil pembelajaran agar mendapatkam hasil akhir yang memuaskan baik guru maupun peserta didik. Methode pembelajaran atau learning methods adalah suatu proses penyampaian materi pendidikan kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis oleh guru sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa methode pembeajaran (Learning Methods) adalah sautu strategi atau taktik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas yang diaplikasikan oleh tenaga pengajar sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik

Kami lebih memilih methode l pembelajaran quis dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh yang lebih efektif dan efisien karena kita keberadaan subyek belajar yang tersebar apakah dia dirumah? Apakah siswa  sedang siap didepan hp masing-masing untuk menerima pesan dari bapak ibu guru, apakah siswa acuh tak acuh bahkan masa bodoh dengan tugasnya sebagai siswa, karena syaratnya hanya satu yaitu quota. Dalam methode pembelajaran  quis siswa langsung bisa melaporkan hasil akhirnya kepada bapak ibu guru. Banyak pilihan dalam model pembelajaran

Menurut  Mardiyanto (2014:240) Methode pembelajaran quis merupakan salah satu upaya membangkitkan siswa belajar aktif’’ quiz merupakan strategi pembelajaran yang aktif dikembangkan oleh mel Siberman (Mardiyanto 2014:240) menyatakan bahwa setiap siswa bertanggung jawab dalam menyiapkan quis jawaban dan menggunakan waktu untuk memeriksa catatan nya. Dengan quiz maka guru dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengajukan pertanyaan sehingga hasil belajar meningkat serta dapat meningkatkan rasa tanggung jawabsiswa atas apa yang dia pelajari.

Semoga pandemi cepat berlalu sehingga anak-anak bisa ke sekolah lagi untuk mengejar ketertinggalan materi.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Creative Team Smakers

Tulisan Lainnya

Oleh : Creative Team Smakers

SERBA SERBI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Oleh : Creative Team Smakers

MELANGKAH MENUJU MASA DEPAN BERSAMA GURU BK