Info Sekolah
Kamis, 21 Nov 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

PEMBELAJARAN FISIKA EKSPERIMEN DENGAN SIMULASI WEBSITE

Oleh : TOFIK,S.Pd

Guru Mata Pelajaran Fisika SMAN 1 Kersana

(Artikel ini pernah dimuat di Harian Radar tegal Tanggal 28 Juli 2022)

Perkembangan teknologi yang begitu pesat sekarang ini, akan sangat
berguna sekali jika perkembangannya di imbangi dengan perkembangan media pendidikan.Dalam dunia pendidikan, multimedia merupakan media yang digunakan sebagai  pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan salah satunya adalah media pembelajaran berbasis website yang merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran yang memudahkan dalam pengakses informasi dalam hal ini yaitu materi pelajaran.

Usaha dalam membantu siswa untuk memperoleh kemudahan belajarnya, adalah tanggung jawab kita semua, ada banyak unsur atau elemen yang harus diperhatikan. Unsur-unsur itu adalah tujuan yang ingin dicapai, karakteristik siswa, isi bahan yang dipelajari, cara atau metode atau strategi yang digunakan, alat ukur atau evaluasi. Walaupun semua unsur telah diseleksi pada dasarnya kita kembali pada tujuan yang ingin dicapai (Setyosari, 2009: 11), maka diperlukan suatu media untuk mempermudah dalam proses belajar peserta didik. Media merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi dari suatu sumber kepada penerima (Uno,2010:113). Pemilihan media yang tepat dapat membantu dalam  penerapan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/ atau strategi yang dipilih, misalnya metode tanya jawab, diskusi, eksperimen, dan pendekatan beberapa model pembelajaran. Maksud pendekatan dalam kajian ini adalah pendekatan seluruh unsur yang terkait dalam pembelajaran (Sumiati dan Asra, 2008: xiii).

Paradigma yang terbangun selama ini pada siswa terhadap pelajaran IPA atau sains khususnya fisika adalah pelajaran yang sulit dengan banyak hafalan rumus dan teori sehingga siswa merasa bosan. Salah satu faktornya adalah penyampaian konsep fisika yang hanya diberikan dalam menyampaian materi dalam kelas. Padahal fisika sebagai salah satu cabang IPA, mempelajari dan menganalisis secara kuantitatif gejala atau proses alam dan sifat zat serta penerapannya. Metode pembelajaran berbasis eksperimen perlu dikembangkan sehingga dapat meningkatkan peran guru untuk menjalankan fungsinya sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran yang efektif dan efisien. Selain itu perlu dikembangkan pemanfaatan alat eksperimen fisika dalam metode pembelajaran agar dapat dijadikan sebagai model dalam pembelajaran berbasis eksperimen yang lebih menarik dan mudah dipahami untuk menanamkan pemahaman konsep yang benar pada siswa.

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA dapat dioptimalkan dalam proses pembelajaran. Menurut Subekti (Subekti & Ariswan, 2016) metode eksperimen merupakan cara penyajian mata pelajaran dimana siswa secara aktif mengalami dan membuktikan sendiri apa yang sedang dipelajarinya sehingga secara total dilibatkan dalam melakukan sendiri, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, atau fenomena fisis sehingga cocok untuk diaplikasikan pada pembelajaran IPA khususnya Fisika. Keterbatasan alat peraga fisika disekolah merupakan salah satu kendala tidak optimalnya penggunaan metode eksperimen pada proses penyampaian konsep fisika. Kendala tersebut dapat diatasi apabila memiliki kemampuan dalam penggunaan web.

Perguruan tinggi khususnya Universitas Gadjah Mada melalui salah kegiatan Tridharmanya yaitu pengabdian kepada masyarakat (PKM) bekerjasama dengan MGMP Fisika Kabupaten Brebes dapat membantu mentransformasi kemampuan, pengalaman dan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dari bidang minat instrumentasi dan Fisik Terapan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada untuk mengembangkan beberapa peralatan-peralatan praktikum sederhana berbasis Website. Oleh karenanya, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dijadikan penguatan kemampuan eksperimen fisika melalui pemanfaatan Web di SMA Negeri dan swasta di Kabupaten brebes.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan   berpikir analitis dan kreatif guru-guru fisika dalam proses pembelajaran sehingga dapat mempermudah menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Dengan adanya pengembangan pembelajaran eksperimen melalui Web  ini, diharapkan juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam menyampaian materi fisika yang bersifat abstrak seperti Efek foto Listrik, Percobaan Tetes minyak milikan, dan percobaan materi fisika yang lainnya, sehingga lebih memudahkan peserta didik untuk memahami konsep materi Fisika. Pembelajaran eksperimen melalui Web ini dapat di gunakan di seluruh SMA se kab. Brebes, sebagai pengganti keterbatasan alat peraga fisika di  sekolah.