Info Sekolah
Sabtu, 26 Okt 2024
  • Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman Bertaqwa Berakhlak Mulia, Unggul dalam Prestasi, dan Cinta Lingkungan

NUR ZAENI ISMAIL MERAIH JUARA 3 PODCAST

Siswa SMA N 1 Kersana kembali menorehkan prestasi gemilang di tahun 2023 ini.  Nur Zaeni Ismail, siswa kelas XII IPS-1 berhasil meraih predikat  juara  3 pada ajang bergengsi  ‘HUT 55 Singosari FM Brebes Launching Dis Is Me 2023’ (podcast).

Podcast telah lama menjadi trend media baru, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Media berbasis audio digital ini dibuat dan diunggah pada platform online dan diakses dengan internet dengan menggunakan desktop ataupun gadget. Sederet manfaat akan kita peroleh dengan mendengarkan podcast. Podcast bisa menjadi hiburan alternatif yang tidak menyebabkan ketegangan visual seperti pada saat menonton televisi. Podcast juga menjadi media belajar tentang banyak hal. Dengan menyimak podcast kita akan mendapatkan ilmu baru langsung dari pakarnya, melalui sebuah proses diskusi menarik yang disajikan secara santai. Jadi bagi yang kurang suka membaca buku, podcast bisa menjadi alternatif belajar yang menyenangkan.

Lomba yang diselenggarakan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes, dimeriahkan oleh Teras Musik, bertempat di Taman Radio Singosari Brebes dengan mengambil tema “Gempur Rokok Ilegal”. Melalui lomba podcast ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelaksanaan operasi gempur rokok ilegal untuk menekan laju peredaran rokok illegal di pasaran.

 

Timeline lomba dimulai awal Juni 2023 melalui seleksi karya yang diunggah lewat youtube kemudian dinilai oleh juri dan diumumkan 3 besar finalis awal Juli 2023.  Ketiga finalis diundang oleh panitia untuk final sekaligus menghadiri penutupan dan pengumuman pemenang pada Sabtu 29 Juli 2023. Nur Zaeni Ismail (sapaan akrab Zaeni) sebagai peserta pertama didampingi narasumber Agung Setiawan seksi Kehumasan dari Bea Cukai Tegal Kota.

Agung Setiawan selaku narasumber mengatakan bahwa rokok ilegal merupakan rokok yang beredar di masyarakat tetapi tidak memenuhi kewajiban sebagai barang cukai berupa pembayaran cukai yang ditandai dengan pita cukai. Kemudian berdasarkan undang-undang tentang Cukai, setiap orang yang mengedarkan rokok illegal dapat terancam pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun dan/ pidana denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Nur Zaeni Ismail meraih hasil tersebut karena keberaniannya untuk keluar dari zona nyaman dengan mengikuti lomba podcast. Ia membagikan pengalaman selama proses latihan syuting  sebelum mengikuti lomba ini,  yang dilakukan setiap hari “ saya memang sedang belajar untuk meningkatkan skill komunikasi saya, karena saya masih kurang percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang sehingga saya memutuskan untuk belajar dengan mengikuti kompetisi podcast “ ujar Zaeni (31/7)

Sementara itu selaku pembimbing Bapak M. Faisal Abduh, M.Pd. menjelaskan bahwa tidak ada kendala yang mereka hadapi. Mulai dari persiapan sampai melaju final. Alhamdulillah dengan adanya lomba podcast ini membantu siswa menyalurkan bakat dalam berkomunikasi. Saya sangat bersyukur dan semoga prestasi ini terus dapat dipertahankan serta ditingkatkan kualitasnya oleh penerusnya.

Prestasi Lainnya

JUARA UMUM KE II PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA DAERAH BREBES 2022

JUARA UMUM KE II PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA DAERAH BREBES 2022

Oleh : Team Pencak Silat SMAN 1 Kersana (Padjajaran)
JUARA II LOMBA CIPTA BACA PUISI TINGKAT NASIONAL

JUARA II LOMBA CIPTA BACA PUISI TINGKAT NASIONAL

Oleh : Alfitri Aqillah | Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional
RANTING PGRI SMAN 1 KERSANA MERAIH JUARA 1 TENIS MEJA

RANTING PGRI SMAN 1 KERSANA MERAIH JUARA 1 TENIS MEJA

Oleh : TIM TENIS MEJA SMAN 1 KERSANA
PRESTASI, KARATE SMAN 1 KERSANA BERHASIL MEMBORONG MEDALI

PRESTASI, KARATE SMAN 1 KERSANA BERHASIL MEMBORONG MEDALI

Oleh : Bayu Qiroatul A | Rizal Saepudin | Triana Astriati | Karate SMAN 1 Kersana
SMA N 1 KERSANA JUARA UMUM DI AJANG KEJUARAN POPDA VIRTUAL SLTA KABUPATEN BREBES 2021

SMA N 1 KERSANA JUARA UMUM DI AJANG KEJUARAN POPDA VIRTUAL SLTA KABUPATEN BREBES 2021

Oleh : M. RIFQI FIRMANSYAH; M. RIUNG AULIA; WULAN FITRIANI; AL FITRIYANI ATAU PADJAJARAN NASIONAL
LUAR BIASA, PENCAK SILAT SMAN 1 KERSANA MENDOMINASI KEJUARAAN POPDA 2022

LUAR BIASA, PENCAK SILAT SMAN 1 KERSANA MENDOMINASI KEJUARAAN POPDA 2022

Oleh : M. Rifqi Firmansyah | Nisa Khorunisa | Rindi Apriliani | Rendi SK Prajab | M. Ahsin Ahsanakallah (Pencak Silat SMAN 1 Kersana)
SRIKANDI SMAN 1 KERSANA JUARA 1 LOMBA BOLA VOLI HGN 2021

SRIKANDI SMAN 1 KERSANA JUARA 1 LOMBA BOLA VOLI HGN 2021

Oleh : TIM BOLA VOLI GURU PUTRI SMAN 1 KERSANA